Beranda | Artikel
Seorang Berilmu Lebih Susah Dihadapi Setan Dibandingkan Seribu Ahli Ibadah
Kamis, 18 Juni 2020

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Taslim

Seorang Berilmu Lebih Susah Dihadapi Setan Dibandingkan Seribu Ahli Ibadah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 27 Syawwal 1441 H / 18 Juni 2020 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Seorang Berilmu Lebih Susah Dihadapi Setan Dibandingkan Seribu Ahli Ibadah

Imam Ibnul Qayyim membawakan sebuah hadits yang dibawakan oleh Imam At-Tirmidzi dari riwayat dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhuma bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

فَقِيهٌ وَاحِدٌ أَشَدُّ عَلَى الشَّيْطَانِ مِنْ أَلْفِ عَابِدٍ

“Seorang yang berilmu lebih susah dihadapi oleh setan dibandingkan seribu orang ahli ibadah.”

Kata Imam At-Tirmidzi hadits yang gharib. Jadi hadits paling tidak derajatnya sangat lemah karena ada rawi yang parah, yakni Rauh bin Janah Ad-Dimasyqi. Sehingga hadits ini tidak bisa dijadikan sebagai argumentasi atau sandaran. Tapi di sini Ibnul Qayyim Rahimahullahu Ta’ala mengambil dari segi makna hadits ini. Beliau mengatakan bahwa hadits ini maknanya benar meskipun lemah secara sanad. Hal ini karena orang yang berilmu bisa merusak hal-hal yang diusahakan setan untuk menjerumuskan manusia, meruntuhkan semua yang dibangunnya. Jadi upaya-upaya setan untuk menggoda manusia dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala Allah jadikan orang yang berilmu untuk menjelaskannya sehingga menghancurkan semua tipu daya setan.

Setiap kali setan ingin menghidupkan satu bid’ah dan mematikan satu sunnah, maka orang yang berilmu yang akan menghalangi upaya setan ini. Yaitu dengan dia menjelaskan kepada umat, menjelaskan hadits yang sahih yang mendukung sunnah ini sehingga masyarakat tidak meninggalkannya. Sementara perbuatan bid’ah dijelaskan segi-segi keburukannya sehingga orang menjauhinya.

Maka tidak ada satupun yang lebih berat bagi setan, yang lebih susah dihadapinya dibandingkan dengan tetap adanya orang yang berilmu di tengah-tengah umat ini. Maka tentu saja ketika dikatakan riwayat ini shahih maknanya, itu didukung dengan hadits-hadits yang shahih. Kita masih ingat hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang terkenal dalam riwayat Bukhari dan Muslim tentang kondisi di akhir zaman, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda ketika manusia mengambil pemimpin-pemimpin yang tidak beriilmu di akhir zaman, apa kata Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam?

Download mp3 dan simak penjelasan lengkapnya..

Download MP3 Kajian Tentang Seorang Berilmu Lebih Susah Dihadapi Setan Dibandingkan Seribu Ahli Ibadah

Download mp3 kajian yang lain di mp3.radiorodja.com


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/48588-seorang-berilmu-lebih-susah-dihadapi-setan-dibandingkan-seribu-ahli-ibadah/